Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Pendampingan Individu 5


Pendampingan Individu 5 dilaksanakan pada Hari Jumat, 17 Maret 2023.

Bagian inti pendampingan Individu 5 adalah PP (Pengajar Praktik) menjelaskan tujuan khusus pendampingan. Diskusi hasil pemetaan sumber daya dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan: 
Apa yang Bapak/Ibu temukan ketika melakukan proses pemetaan sumber daya? 
Adakah hal-hal menarik dan khusus yang ditemukan? 
Perubahan apa yang Bapak/Ibu harapkan dapat terjadi di lingkungan sekolah setelah Bapak/Ibu mengetahui sumber daya yang ada dan bagaimana Bapak/Ibu mewujudnyatakan perubahan tersebut?
Bagaimana Bapak/Ibu akan menggunakan hasil pemetaan yang diperoleh untuk memaksimalkan potensi sekolah? 
Refleksi proses pembuatan peta sumber daya dengan menggunakan pertanyaan: 
Bagaimana proses Bapak/Ibu dalam menemukan/mengidentifikasi sumber daya yang ada di sekolah?
Apa saja kendala dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat melakukan identifikasi sumber daya sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu mengatasinya? 
Bagaimana perasaan Bapak/Ibu ketika berhasil mengidentifikasi sumber daya sekolah? 
Apa pertimbangan Bapak/Ibu dalam menentukan sumber daya sekolah? 
Apakah terdapat hal lain yang dapat dijadikan sumber daya sekolah yang belum Bapak/Ibu temukan dalam proses yang sudah berlangsung? 

Refleksi proses pengambilan keputusan dengan menggunakan pertanyaan: 
Berdasarkan hasil pemetaan yang Bapak/ Ibu lakukan, bagaimana hal tersebut memengaruhi proses pengambilan keputusan yang dilakukan Bapak/ Ibu? 
Apa hal yang menurut Bapak/ Ibu masih perlu dikembangkan atau perlu dievaluasi? 
Apa hal yang menurut Bapak/ Ibu mendukung keberhasilan dari keputusan yang diambil? 
Adakah pengalaman yang terjadi (baik dalam waktu dekat ataupun sebelum mengikuti Pendidikan Guru Penggerak) yang mencerminkan dilema etika, baik itu terkait murid maupun rekan sejawat? 
Menurut Bapak/Ibu, apakah proses pengambilan keputusan yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip dan langkah yang dipelajari di modul 3.1? 
Apa hal yang menurut Bapak/ Ibu masih perlu dikembangkan atau perlu dievaluasi dari proses pengambilan keputusan tersebut? 

Refleksi pencapaian kompetensi bulan ke-5 berdasarkan Lembar Pengecekan Mandiri Kompetensi pada Lokakarya 5 dengan pertanyaan-pertanyaan berikut: 
Apa saja pencapaian Bapak/Ibu pada pembelajaran bulan ini? 
Apakah terdapat tantangan dan kesulitan selama proses pembelajaran dan bagaimana Bapak/Ibu menanggapi tantangan dan kesulitan tersebut? 
Bagaimana Bapak/Ibu akan menggunakan pencapaian tersebut untuk proses pembelajaran selanjutnya?

Bagian akhir pendampingan 
Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring. Mendorong untuk terus memetakan sumber daya dalam melakukan perubahan dan perbaikan pembelajaran. Melakukan penilaian terhadap proses refleksi Calon Guru Penggerak berdasarkan rubrik pada lampiran. Mengisi Jurnal Pendampingan dalam LMS, mengisi daftar hadir, dan rencana pendampingan selanjutnya. Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi di LMS.
Share this article now on :

Post a Comment