Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Eksplorasi Konsep Modul 1.2 Nilai-Nilai Guru Penggerak

Eksplorasi Konsep, 14 September 2022


Menguatkan pemahaman dan mempersiapkan diri untuk berkolaborasi dalam kelompok dengan menjawab pertanyaan
Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

Hal yang dapat daya bagikan berkaitan dengan Nilai-nilai yang berkaitan dengan kolaboratif, sebagai nilai yang melekat pada manusia sebagai mahluk sosial. Disini kerjasama yang dipadukan oleh kemampuan siswa yang berbeda-beda. Kegiatan yang bersifat kolaboratif biasanya akan mendorong motivasi dan semangat kompetitif dalam arti positif bagi siswa. Jika pada era industri pekerja dituntut memiliki spesialisasi dan sertifikasi, maka di era informasi, pekerja dituntut mampu berkolaborasi dan bekerjasama dalam suatu tim untuk menghasilkan produk atau pelayanan Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

2. 10 kegiatan di sekolah yang sesuai dengan penerapan GP :pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru adalah menyusun kurikulum merdeka, membuat pembagian jam mengajar bagi guru, rapat komte, menjadi pemimpin rapat, menjadi moderator saat IHT kurikulum merdeka, budaya senyum-sapa, menjadi contoh dengan berangkat lebih awal, membuat jadwal pembelajaran, membuat jadwal supervisi, mensupervisi pembelajaran,menjadi pembina apel pagi, membuat jadwal pengumpulan soal PTS membuat SK MGMP sekolah
Share this article now on :

Post a Comment