Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Eksplorasi Konsep Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Hal yang mencerahkan saya adalah bahwa sesuai dengan nilai-nilai guru penggerak adalah inovasi, inovasi adalah Perubahan. perubahan ini pasti terjadi jika inginmaju suatu individu atau organisasi. Maka diperlukan Visi. Visi sebagai Guru (Nyentrik Nyenengin,Tangguh,Responsif,Inspiratif,dan kreatif) .ini sesutu yang pasti beririsan dengan teknologi dan teknologi adalah sebuah loncatan teknologi. Saya membayangkan bahwa perubahan-perubahan yang dilakukan diawali dari melaksanakan kewajiban bagi seorang guru untuk tampil secara optimal megeluarkan kemampuan dan keterampilannya dalam mentransfer ilmu dan mentransformasi nilai dalam proses belajar mengajar. 
Berbagai strategi pembelajaran, metode, dan teknik pembelajaran diaplikasi dalam meraih tujuan pembelajaran yang berhasil guna dan berdaya guna, tercapainya perubahan perilaku, peningkatan pengetahuan, perbaikan serta peningkatan kualitas sikap peserta didik, sekaligus tercapainya target kurikulum.
Penggunaan media blog pribadi pada laman www.sarastiana.com sebagai wujud untuk mengaktualisasikan diri yang tentu akan selalu beririsan antara teknologi dan inovasi. 
Bagaimana saya membayangkan penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks saya sehari-hari sebagai pendidik? Inkuiri Apresiatif merupakan sebuah pendekatan menejemen kolaboratif dan berbasis kekuatan untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas dalam mengembangkan perilaku suatu organisasi dan dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif. 

Tahapan utama dalam pendekatan Inkuiri Apresiatif adalah BAGJA: 
  1. Buat Pertanyaan adalah menentukan arah penelusuran berdasarkan pertanyaan-pertanyaan. 
  2. Ambil Pelajaran adalah fokus satu pertanyaan utama yang disepakati, kemudian ambil pelajaran hal positif indvidu atau kelompok dari pertanyaan tersebut. 
  3. Gali Mimpi adalah menggali mimpi sebagai keadaan ideal yang diinginkan melalui sebuah narasi berdasar atas keadaan yang ada. 
  4. Jabaran Rencana adalah mengidentifikasi tindakan yang diperlukan dan mengambil keputusan-keputusan berdasarkan perencanaan awal dari pettanyaan yag tersusun agar lebih nyata. 
  5. Atur Eksekusi adalah membantu transformasi rencana menjadi nyata yang mampu memutuskan peran dalam pelaksanaan. 
Dengan pendekatan tersebut harapannya yaitu mampu memaksimalkan peran dan fungsi guru, dan mampu mewujudkan pendidikan yang berpihak pada murid.
Share this article now on :

Post a Comment