Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Tugas Mulai Dari Diri Modul 1.4, Budaya Positif

Mulai dari diri pada modul 1.4 CGP adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di LMS, tentunya setelah mempelajari Modul 1.1, 1.2 dan 1.3 


Apa urgensi dari menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah Anda? 
Budaya Positif di sekolah sangat penting untuk mengembangkan anak-anak yang memiliki karakter yang kuat, sesuai profil pelajar Pancasila dan filosofi dari Ki Hadjar Dewantara, nilai-nilai peran guru penggerak dan visi guru penggerak. Pentingnya membangun budaya positif di sekolah sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang berpihak pada murid untuk membantu mencapai visi guru penggerak.Seorang pemimpin harus bisa menggerakkan dan memotivasi warga sekolah agar memiliki, meyakini, dan menerapkan visi atau nilai-nilai kebajikan yang disepakati, sehingga tercipta budaya positif yang berpihak pada murid. Dalam membangun budaya positif perlu strategi menumbuhkan lingkungan yang positif. Perlu melakukan refleksi atas penerapan disiplin yang dilakukan selama ini di lingkungan. 


Bagaimanakah strategi Anda dalam praktik disiplin tersebut? Apakah selama ini Anda sungguh-sungguh menjalankan disiplin, atau Anda melakukan sebuah hukuman? Bagaimana Anda sendiri sebagai seorang pendidik dapat menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah Anda selama ini? 
Saya seorang pendidik/pimpinan sekolah dalam menciptakan suasana positif diawali dari diri sendiri selalu berperasangka baik (positif) atas semua kejadian yang ada disekitar kita, mengambil hikmah dari kejadian untuk ditelaah menjadi hal yang positif. Konsisten atas usaha dan upaya saya dalam melaksanakan tugas dan menjalani kehidupan sebagai manusia dengn berprinsip pada Positif Thingking, maka akan menemukan kebahagian dan keselamatan selamanya. 


Apa hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid? 
Hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak kepada murid adalah saling mendukung dan melengkapi antara satu dengan yang lain, karena dengan suasana positif yang tercipta akan otomatis menciptakan proses pembelajaran yang aman dan nyaman di lingkungan sekolah. Dengan demikian guru sudah mampu menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran yang baik dan murid akan merasa senang dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Jadi suasana yang positif akan menumbuhkan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman yang mengakibatkan pembelajaran sesuai dengan kodrat anak akan terwujud dengan baik, karena dalam suasana positif ini proses pembelajaran akan menyenangkan dan berpihak kepada murid.


Bagaimana penerapan disiplin saat ini di sekolah Anda, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang menurut Anda masih perlu dikembangkan? penerapan disiplin efektif dilakukan dengan keteladanan. belajar disiplin tidak dapat dilakukan dengan menyuruh atau memberi hukuman kepada siswa. Guru harus dapat menjadi panutan dan juga contoh dalam berperilaku disiplin. Untuk siswa tepat waktu. Guru dengan menunjukkan kepada siswa bahwa gurunya selalu tepat waktu dan tidak terlambat kecuali ada hal yang sangat mendesak. Bagaimana siswa akan memiliki sikap disiplin jika melihat gurunya tidak disiplin. 


Refleksi Bagaimana Menciptakan Budaya Positif Visi saya adalah“Mewujudkan Peserta didik yang memiliki karakter Pancasila dan memiliki kompetensi yang unggul dalam Bingkai Kebhinekaan”. Memulai penerapannya di kelas dan sekolah, dengan membiasakan budaya positif. Untuk mewujudkan lingkungan belajar yang positif, lingkungan, suasana pembelajaran harus nyaman, aman, dan kondusif. Berpusat kepada siswa tanpa membedakan antar siswa dari fisik,golongan, kepandaian sebagai membentuk mewadahi keberagaman. Untuk mewujudkan kelas impian sesuai visi yang telah kita buat langkah saya adalah berkolaborasi dengan seluruh warga sekolah terutama dengan rekan sejawat dan siswa saya di dalam kelas untuk segera mewujudkan visi tersebut dengan langkah kecil yang konsisten dan terarah. 


Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada diri Anda, sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini? Harapan saya setelah mempelajari modul 1.4 tentang budaya positif di sekolah adalah pertama mengawali untuk menjadi guru yang bisa memimpin diri sendiri harapan setelah bisa memimpin diri sendiri untuk dapat menjadi contoh bagi murid dalam upaya menuntun dan membimbing siswa untuk meraih masa depan 

Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini? Harapan-harapan pada murid-murid yang ingin dilihat berkembang, setelah mempelajari modul ini adalah terwujudnya suasana belajar yang aman dan nyaman bagi siswa karena terciptanya budaya positif di sekolah 


Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini? 
Kegiatan yang dilakukan yaitu mengusahakan sekolah menjadi lingkungan yang menyenangkan, menjaga, dan melindungi murid agar selalu dalam lingkungan dalam budaya positif. Dengan demikian, karakter murid tumbuh dengan baik. Sebagai contoh, murid yang tadinya malas menjadi semangat, bukan kebalikannya. Murid akan mampu menerima dan menyerap suatu pembelajaran bila lingkungan di sekelilingnya terasa aman dan nyaman.

Share this article now on :

2 comments: