Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Tugas Demontrasi Kontekstual Modul 1.4 CGP

Tugas Demontrasi Kontekstual Modul 1.4 CGP membuat membuat contoh skenario praktik segitiga restitusi bagi calon guru penggerak. Demonstrasi kontekstual di modul 1.4 bertujuan agar calon guru penggerak dapat mempraktikkan pemahamannya tentang pelaksanaan segitiga restitusi dengan murid di sekolahnya. 
Setelah mempelajari konsep-konsep inti di modul 1.4, calon guru penggerak harus bisa mendemonstrasikan pemahamannya secara kontekstual di sekolah. Pada tahap demonstrasi kontekstual, calon guru penggerak diharapkan dapat melaksanakan praktik segitiga restitusi terhadap satu murid di sekolahnya dengan beberapa ketentuan berikut: 
  1. Membuat skenario lengkap untuk melaksanakan praktik segitiga restitusi terhadap dua (2) kasus mengenai murid yang melanggar peraturan di sekolah. 
  2. Mengajak satu murid Anda untuk melakukan praktik segitiga restitusi tersebut. 
  3. Melakukan praktik segitiga restitusi sesuai dengan skenario. Setelah itu, meminta tanggapan murid mengenai perasaan mereka ketika melakukan praktik segitiga restitusi. 
  4. Merekam praktik segitiga restitusi sesuai dengan skenario yang telah dibuat beserta tanggapan dari murid dalam bentuk video. 
  5. Mengunggah video praktik segitiga restitusi ke kanal YouTube/Google Drive dan menyematkan tautannya pada LMS. 
Memperhatikan rubrik penilaian untuk demonstrasi kontekstual yang telah disediakan di LMS. Calon guru penggerak harus membuat skenario yang memuat praktik segitiga restitusi. Adapun segitiga restitusi terdiri atas tiga bagian, yakni menstabilkan identitas, validasi tindakan, dan menanyakan keyakinan.


Share this article now on :

Post a Comment