Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja

Pembukaan Workshop, oleh Wakil Kepala Sekolah Bid. Kurikulum

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menurut Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 18 dijelaskan bahwa Pendidikan Kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang tertentu. SMK sebagai salah satu institusi yang menyiapkan tenaga kerja, dituntut mampu menghasilkan tenaga kerja yang terampil sebagaimana diharapkan dunia kerja.
Peserta didik dapat memilih bidang keahlian yang diminati di SMK. Kurikulum SMK dibuat agar peserta didik siap untuk langsung bekerja di dunia kerja, dan juga disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan dunia kerja yang ada. Saat ini Kurikulum merdeka sudah di implementasikan mulai pada tahun 2022 juga harus mampu meningkatkan keahlian anak-anak SMK, baik dalam teori maupun praktik.
Workshop penyelarasan pembelajaran berbasis dunia kerja untuk SMK Pusat Keunggulan adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan dengan dunia kerja. Harapan dari penyelenggaraan kegiatan ini, siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia nyata setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan (SMK). Workshop melibatkan guru, siswa SMKN 1 Bukateja dan pihak Industri  diantaranya adalah Isazaki Botanical Printing, Oemah Karnaval, Fenix dan lainnya. Penyelenggaraan workshop dalam rangka pelaksanaan SMK Pusat Keunggulan Tahun 2023. 
Meskipun Program Keahlian Busana yang mendapatkan Program SMK PK akan tetapi kegiatan workshop ini juga bermanfaat bagi semua program keahlian. Sehingga dalam kegiatan ini juga dihadiri semua Ketua Konsentrasi Keahian (KKK). Kegiatan dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Bukateja 03 - 05 Oktober 2023.



Share this article now on :

Post a Comment