Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Visi Sebagai Sebuah Kompas


Sebagai salah satu guru yang ikut dalam program Guru Penggerak (Angkatan 6) pada Modul 1.3 ini pempelajari tentang bagaimana menggali pemahaman kita atas visi. Saat kita kecil dahulu sering ditanya  mengenai cita-cita. Pertanyaan yang sering diajukan adalah, “Mau jadi apa jika sudah besar?”. 
Pada masa itu, sebagian besar dari kita dapat menjawab dengan percaya diri. Kita menjawab dengan bersemangat tentang profesi yang ingin kita geluti di masa depan. Padahal, kita belum tahu apakah hal itu dapat dicapai atau tidak. 
Ilustrasi seperti itulah visi. Visi itu bagaikan membayangkan sebuah lukisan lengkap pada kanvas yang masih kosong. Visi juga dapat diibaratkan sebagai bintang penunjuk arah yang memandu penjelajah untuk mencapai tujuannya. Visi memang belum terjadi saat ini, namun begitu kuat kita inginkan untuk terwujud di masa depan. Visi adalah representasi visual kita akan masa depan. Penggambaran visi yang jelas tentang keadaan di masa depan dapat membantu kita untuk merencanakan dan menyelaraskan upaya-upaya mewujudkannya.
Bagaimana kita menyusun Misi Kita?
Untuk membantu dalam menggali visi ada beberapa langkah sederhana berikut : 
1. Membuat “Lukisan Imaji" tentang Murid kita di Masa Depan. 

Membuat gambar mengenai murid yang kita dambakan. Termasuk pula lingkungan pembelajaran yang sesuai, situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah. Lukisan mengenai mimpi tentang murid di masa depan ini mendatangkan perasaan bahagia dalam diri sebagai guru. Lukisan yang sesungguhnya adalah visi seperti apa layanan dan lingkungan pembelajaran di masa depan yang akan kita berikan pada murid kita. Ketika kita menggambar visi, maka akan muncul keyakinan dalam diri untuk mewujudkannya. Akhirnya, kita terpacu untuk melakukan peningkatan kualitas diri serta menguatkan kolaborasi di lingkungan sekolah sehingga terjadi upaya perbaikan dan perubahan yang berkesinambungan.

2. Merangkai Kata dari hasil Melukis. 
 Dari lukisan yang kita buat, rangkailah imaji tersebut dalam bentuk kata-kata yang jelas. Kalimat yang anda tuliskan benar-benar menerjemahkan lukisan Anda gambar. Ini akan membantu Anda dalam menyingkap visi apa yang sebetulnya telah dan perlu terus diyakini demi kebaikan murid-murid. Jika masih kesulitan, silahkan dengan cara melengkapi kalimat rumpang ini sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang sekolah yang Anda impikan. Sebuah sekolah yang mewujudkan keberpihakan pada murid! 
 Saya memimpikan murid-murid yang ……………………………………. 
 Sekolah saya percaya bahwa murid adalah …………………………… 
 Sekolah saya mengutamakan ………………………………………. 
 Murid di sekolah saya sadar betul bahwa …………………………. 
 Guru di sekolah saya yakin untuk ……………..…………………. 
 Guru di sekolah saya paham bahwa ……………………………….

Contoh Hasilnya seperti dibawah ini

Saya memimpikan murid-murid yang yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang memiliki karakter Pancasila dan memiliki kompetensi yang unggul. 
Saya percaya bahwa murid adalah memiliki potensi yang ada potensi itu yang menjadi tugas guru untuk menuntunya dan mengarahkan kepada hal yang lebih baik atau berkembang. 
Di sekolah, saya mengutamakan perubahan-perubahan yang berpusat kepada peserta didik. 
Murid di sekolah saya sadar betul bahwa masa depan adalah perlu diusahakan sehingga dalam menyongsongnya diperlukan jembatan melalui Pendidikan yang berkarakter melalui nilai-nilai luhur Pancasila yang termotivasi,cerdas dan kreatif. 
Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk bahwa perubahan yang lebih baik akan membawa dampak terhadap pengembangan peserta didik sehingga terwujud profil pelajar Pancasila dengan menuntun mengarahkan peserta didik sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewatara 
Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan metode dan model pembelajaran akan memotivasi keterlibatan peserta didik. Dari ini akan bermuara kepada pencapaian kompetensi siswa.


3. Mengartikulasikan dalam satu kalimat utuh 
 Setelah Anda mencoba mengisi kalimat rumpang di atas, Anda semakin memiliki gambaran yang jelas mengenai mimpi tentang murid dan sekolah di masa depan. Selanjutnya, satukan kalimat-kalimat tersebut menjadi satu kalimat utuh. Rumuskanlah visi Anda dalam bentuk kata-kata yang jelas. Cukup terdiri dari 1 kalimat pendek.
 Contoh :

VISI : Mewujudkan Peserta didik yang memiliki karakter Pancasila dan memiliki kompetensi yang unggul dalam Bingkai Kebhinekaan
Share this article now on :

Post a Comment