Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

3.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 3.1


Pertanyaan Pemantik :
Anda adalah seorang pimpinan sekolah. Suatu saat Anda dilaporkan bahwa salah satu guru Anda memberikan les privat kepada beberapa murid tertentu. Guru yang memberikan les tersebut sedang membutuhkan dana tambahan untuk keperluan obat bagi istrinya yang sedang sakit keras. Namun di sisi lain, murid-murid yang mengikuti les privat bisa mendapatkan soal-soal yang akan dijadikan bahan tes, dan hasil tes mereka bisa menjadi sangat baik dibandingkan dengan hasil tes murid-murid lain yang tidak mengikuti les. Apa yang akan lakukan Anda lakukan bila Anda adalah kepala sekolah? Mengapa? Apakah ada dua nilai kebajikan yang saling berbenturan? Bila ada, nilai-nilai kebajikan apa saja yang saling bersinggungan?

Seorang guru boleh saja memberikan les privat kepada muridnya. Tetapi tetap tidak boleh membocorkan kerahasiaan soal yang akan diujikan. Sebagai seorang pemimpin (kepala sekolah) sebaiknya tidak langsung percaya dengan berita tersebut, tetapi menyelidiki terlebih dahulu/ menanyakan langsung kepada guru pemberi les tambahan. Mengkuti les tambahan diluar menunjukan semangat belajar dari siswa tersebut, wajar saja jika nilainya bisa menjadi tinggi di tes tersebut. Dari nilai siswa yang baik tersebut, sekolah juga mendapatkan imbas baiknya. Dari pada siswa hanya bermain game/ menscrool sosial media saja, lebih baik digunakan untik belajar dengan seorang yang telah dipercaya. Nilai-nilai kebajikan yang bertentangan yaitu nilai kebenaran, dan nilai cinta dan kasih sayang.

Sebagai kepala sekolah tidak mempersoalkan bapak ibu guru untuk mencari tambahan penghasilan sepanjang tidak mengganggu pekerjaan utamanya mengajar, ketika terjadi adanya laporan, segera kita konfirmasi dan cek kebenarannya, kemudian segera diselesaikan dengan baik. Ketika mendengar keluarganya sakit segera berkooordinasi dengan humas untuk membantu meringankan beban keluarganya. Mengapa? Kita harus crosscek kebenarannya, kalo soal-soal yang dibuat adalah prediksi soal tes kemudian dibahas lebih dalam bagi siswa yang mengeluarkan biaya tambahan untuk les, itu sebuah kewajaran, artinya guru tersebut tidak membocorkan rahasia soal test, kemudian kita klarifikasi bersama agar persoalan dapat teratasi dengan baik, dan segera memberikan bantuan yang diperlukan agar istrinya segera tertangani dengan baik, sehingga akan fokus mengajar kembali, Nilai kebajikan Kejujuran dan Tanggung Jawab Apakah ada dua nilai kebajikan yang saling berbenturan? Bila ada, nilai-nilai kebajikan apa saja yang saling bersinggungan?

Perlu kajian yang mendalam dengan mengumpulkan beberapa bukti, dengan pembuktian informasi yang akurat. Terhadap berita tersebut. Nilai semangat belajar dari siswa jangan samapi kendor karena adanya permasalahan atau isu ini. Dari nilai siswa yang baik tersebut, sekolah juga mendapatkan imbas baiknya. Nilai-nilai kebajikan yang bertentangan yaitu nilai kebenaran, dan nilai cinta dan kasih sayang.

Yang akan saya lakukan tentu saja meminta konfirmasi dari guru yang bersangkutan tentang kebenaran informasi yang beredar tersebut. Saya buat janjian bertemu tentunya ditempat yang nyaman untuk kami bisa ngobrol dari hati-kehati dan rekan guru tidak merasa dihakimi. Apabila memang guru tersebut melakukan kegiatan les privat, hal tersebut boleh saja, itu hak dia untuk mencari tambahan penghasilan. Akan tetapi apabila guru tersebut memberikan soal dan nilai tinggi kepada murid yang privat, hal tersebutlah yang harus dibicarakan. Ada 2 nilai kebajikan yang berbenturan yaitu kemanusiaan dimana guru melakukan kegiatan les untuk mendapatkan tambahan dana guna membeli obat untuk istrinya yang sakit dan keadilan dimana apa yang dilakukan oleh guru tersebut dengan memberi soal test itu tidak adil, dan merugikan murid yang lain.

Guru yang melaksanakan les privat diperbolehkan selama sifatnya tidak memaksa kepada murid, artinya murid yang ingin mengikuti tambahan belajar di luar jam sekolah sangat diperbolehkan seperti les privat pribadi dengan guru sendiri, tenaga pendidik profesional ataupun lembaga dengan konsekuensi mengeluarkan biaya tambahan. Hanya apabila les privat dilaksanakan oleh guru sekolah asal maka materi-materi yang diajarkan bersifat umum dengan mata pelajaran yang diampunya, bukan khusus terkait dengan soal-soal yang akan dijadikan bahan tes di kelas. Akan lebih baik apabila sekolah yang memfasilitasi terkait dengan jam tambahan diluar jam pembelajaran di kelas dan guru diberikan honor jam tambahan dengan sumber dana yang diijinkan. Nilai-nilai kebajikan yang berbenturan dengan kondisi di atas yakni empati dan keadilan

Guru boleh mencari tambahan penghasilan dengan memberikan les privat untuk muridnya, tetapi tidak etis jika guru tersebut membocorkan soal ulangan pada murid yang mengikuti les privat
Share this article now on :

Post a Comment