Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Penyusunan Perangkat Ajar Menuju Kurikulum Integrated Industri


Kurikulum sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di wilayah tempat satuan Pendidikan berada.
Dengan mengetahui pengertian kurikulum yang merupakan sebuah rencana pembelajaran, akan di pahami tentang fungsi kurikulum sebagai perangkat yang penting. Fungsi kurikulum secara luas adalah dalam rangka untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum merupakan alat atau usaha untuk mencapai tujuan pendidikan. 
Dengan pesatnya perkembangan di dunia kerja dan dunia industri maka pelaksanaan pembelajaran disekolah diharapkan aakan mengikutinya. Sebagai salah satu upay kearah tersebut adalah dengan singkronisasi kurikulum. Sinkronisasi kurikulum dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) merupakan penyelarasan kurikulum kejuruan pada SMK dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). Hal itu dilakukan dengan melibatkan pihak Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) selaku pemakai tenaga kerja agar kompetensi lulusan SMK dapat meningkat. 
Sinkronisasi kurikulum akan berjalan dengan baik apabila dilakukan secara terencana, terprogram, dan berkesinambungan. Menghadapi tahun pelajaran 2023/2024 SMK Negeri 1 Bukateja bekerja sama dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) melaksanakan proses penyelarasan muatan kurikulum dengan kebutuhan yang diinginkan oleh perusahaan atau Iduka yang disebut sinkronisasi Kurikulum.
SMK Negeri 1 Bukateja telah mengintegrasikan Kurikulum pada Program Pintar Bersama Daihatsu. Terintegrasi pada hardskill dan softskill. Hardskill pada program keahlian Teknik kendaraan Ringan (TKR) dan Softskill pada semua program keahlian. Dalam rangkaian pelaksanaan Workshop (12 s.d. 14 Juni 2023) penyusunan bahan ajar Kurikulum Merdeka dan Kurikulum K13 mengundang IDUKA semua program keahlian, yaitu dari Daihatsu (TKR), Telkom (TKJ), Nasmoco (TBKR), CV. Cakrawangsa (DPIB), ABATA (MM). Dalam rangka singkronisasi kurikulum berstandar industri.



Share this article now on :

Post a Comment