Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Aksi Nyata Modul 1.3

AKSI NYATA MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK 
Oleh: Sarastiana,SPd,MBA 
SMK NEGERI 1 BUKATEJA CGP Angkatan VI 

 A. Latar belakang 
Mewujudkan sekolah yang diidam-idamkan seperti aman, nyaman dan bermakna dan yang membahagiakan, menjadi hal sangat diinginkan oleh semua pihak terutama oleh guru. Menjadikan sekolah sebagai rumah yang aman, nyaman dan bermakna bagi murid. Hal yang diimpikan adalah bagian dari apa yang disebut dengan visi. Bagaimana mewujudkan mimpi adalah sesuatu yang harus diusahakan untuk mewujudkan. Perlu usaha untuk menggapainya. Perlu adanya perubahan yang mendasar dan konsisten. 
Tujuan dari visi adalah untuk mencapai sebuah perubahan yang lebih baik dari kondisi yang terkini atau saat ini. Visi menjadi sebuah kategori untuk membantu dalam melihat kondisi saat sekarang sebagai sebuah awal (start) dan menjadikan sebuah impian diakhir sebagai sebuah finish apa yang akan kita capai. Ibarat dalam perlombaan lomba seorang pelari yang mengetahui dengan jelas garis start dan garis finish dan apa yang akan dilakukan pada lintasan antara start dan finish tersebut. 
Setelah mengikuti Program Guru Penggerak saya dan mempelajari modul Visi guru Penggerak saya telah merumuskan dengan penuh keyakinan visi pribadi saya mengenai Murid di masa depan. 

Visinya adalah sebagai berikut: 
 Mewujudkan Peserta didik yang berkarakter Pancasila dan memiliki kompetensi yang unggul dalam bingkai Kebhinekaan

Setelah memutuskan visi pribadi yang ingin saya capai mengenai murid saya di masa depan, maka saya mebuat rancangan mengenai strategi perubahan yang akan saya lakukan berdasarkan pendekatan IA dengan tahapan B-A-G-J-A. Perubahan tersebut saya mulai dengan membuat pembelajaran yang dapat menggali bakat dan minat murid. Pembelajaran yang tetap menyenangkan disegala situasi. Pembelajaran yang membuat murid lebih senang menikmati setiap proses berkembangnya daripada stress memikirkan hasilnya. 

B. Tujuan 
1. Menjalankan visi yang telah dibuat 
2. Membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan 
3. Membuat murid merasa bahwa belajar adalah hal yang mereka butuhkan 4. Membentuk suasana sekolah yang menyenangkan 

C. Deskripsi 
Aksi Nyata Aksi Nyata tersebut saya mulai dengan menyusun strategi perubahan dengan pendekatan IA BAGJA. Adapun tahapannya sebagai berikut: 

PRAKARSA PERUBAHAN

PEMBELAJARAN YANG MENARIK

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar Tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

1. Bagaimana agar siswa tertarik untuk mempelajari kita ?

1. Melakukan pembelajaran bervariasi

2. Menggunakan media digital

3. Mengaitkan pelajaran dengan aktivitas sehari-hari

4. Mengapresiasi setiap perubahan / prestasi yang ditunjukkan siswa

A-mbil Pelajaran (Discover)

1. Kegiatan apa yang menarik bagi siswa selama pembelajaran?

2. Bagaimana memotivasi siswa agar tidak bosan selama pembelajaran?

3. Hal apa sajakah yang paling mudah diingat siswa selama pembelajaraan?

1. Kegiatan yang dilakukan siswa adalah dengan menggunakan media interaktif

2. Mendekatkan fenomena mapel dengan kehidupan sehari – hari

3. Menyediakan media sesuai dengan gaya belajar siswa  

G-ali Mimpi

(Dream)

1. Siswa bersemangat dalam pembelajaran

2. Siswa yang memiliki pemahaman yang baik terhadap materi

3. Siswa dapat berprestasi di bidangnya

1. Berkolaborasi dengan wali murid dalam mendukung siswa selama pembelajaran.

2. Berkolaborasi dengan rekan guru dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran  yang menarik.

3. Berkolaborasi dengan kepala sekolah dalam penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran yang menarik

4. Memberikan semangat, motivasi kepada siswa dan memberikan hadiah sederhana kepada siswa yang berprestasi sehingga mendorong siswa lain untuk ikut berprestasi.

J-abarkan Rencana (Design)

1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang menarik selama PBM?

1. Membuat RPP dan perangkat lainnya yang didalamnya terencana pembelajaran yang menarik dan bervariasi.

2. Menggunakan media interaktif

3. Mempersiapkan fasilitas pendukung (Laboratorium, LCD, bahan demonstrasi dll).

4. Berkolaborasi dengan pemangku kebijakan ( Kapsek, Guru, Wali murid, Staff TU, petugas Lab )

5. Mensosialisasikan kegiatan pembelajaran kepada wali murid

6. Pembelajaran Blended Learning berbasis blog

A-tur Eksekusi

Bagaimana dapat terlaksana pembelajaran yang menarik ?

1. Kapan pelaksanaannya

2. Siapa yang terlibat?

3. Siapa yang memonitor?

4. Apa saja indikator keberhasilannya?

5. Bagaimana evaluasinya?

1.   Setiap pertemuan menggunakan metode yang bervariasi

2.   Guru, siswa, kepala sekolah, wali murid terlibat aktif dalam pembelajaran sesuai perannya.

3.   Kepala sekolah memonitor dan mensupervisi kegiatan pembelajaran

4.   Guru serumpun memberikan masukan terkait pembelajaran sebagai bahan evaluasi pada kegiatan berikutnya

5.   Penggunaan IT dimaksimalkan



 D. Tolak Ukur Keberhasilan 
1. Tercapainya tujuan pembelajaran 
2. Murid dapat mengikuti setiap kegiatan atau permainan yang diberikan dengan suka rela, terlihat dari keaktifan mereka saat kegiatan 
3. Murid dapat memberikan umpan balik saat atau setelah pelaksanaan kegiatan 

E. Tantangan Kegiatan 
1. Menyediakan media pembelajaran interktif untuk setiap materi yang akan disampaikan 

 F. Hasil Aksi Nyata








Share this article now on :

Post a Comment